EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MIND MAP PADA PELATIHAN PENGEMBANGAN PENGUASAAN MATERI PEMBELAJARAN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk membantu menyelesaikan
keterbatasan guru menemukan metode pembelajaran yang dapat
meningkatkan kreativitas belajar siswa. Penelitian menggunakan
pendekatan kualitatif dengan teknikParticipation Action Research.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang
efektif dapat memberikan semangat belajar siswa memiliki kriteria:
metode itu mampu memberikan semangat siswa menggali hal-hal
baru, merangsang otak kiri dan otak kanan berkembang secara
proporsional, dapat menghasilkan ide-ide baru dan
mengembangkan keterampilan baru. Pelatihan metode
pembelajaran mind map, dapat membantu guru: lebih mudah
memahami materi pembelajaran, lebih mudah mengembangkan
2 Journal of Social Science Teaching
materi pembelajaran dan mengingat kembali, dapat
mengembangkan kreativitas dan menyenangkan. Disarankan
kepada para guru dapat mengembangkan penggunaan metode mind
map untuk mempermudah memahami dan mengembangkan materi
pembelajaran serta memperkuat dingatan.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Nggermanto, Agus. 2003. Quantum Quotient Kecerdasan Quantum.
Cara & praktis Melejitkan IQ, EQ, dan SQ Yang Harmonis, Cet. V
., Bandung: Nuansa.
Nasih,Ahmad Munjin dan Lilik Nur Kholidah.2009. Metode dan Teknik
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Rafika
Aditama.
Arsyad, Azhar. 2004. Bahasa Arab dan Metode Pengajaranyacet. II
,Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitataif Komunikasi, Ekonomi,
Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana
Prenada Group.
Caroline, Edward. 2009. Mind mapping Untuk Anak Sehat dan
Cerdas,Yogyakarta: Sakti.
Marut, Don K. 2004. Riset Aksi Partisipatoris: Riset Pemberdayaan dan
Pembebasan. Yogyakarta: Insist Press.
Jansen, Eric. 2008. Brain Based Learning: Pembelajaran Berbasis
Kemampuan Otak Cara Baru Dalam Pengajaran dan
Pelatihan,terj. Narulita Yusron, Cet. I ,Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Hernowo, 2005.Mengubah Sekolah : Catatan-Catatan Ringan
Berbasiskan Pengalaman,Bandung: MLC.
Maksudin.2015. Pengembangan metodologi Pendidikan Agama Islam
Pendekatan Dialektik, Cetakan I , Yogyakarta: Penerbit
Pustaka Pelajar.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman. 1994. Qualitative Data
Analysis: An Expanded Sourcebook. London: SAGE
Publications, Inc.
Nusa, Putra. 2009. Riset Partisipatori: Medode Pemberdayaan
Masdrasah, Pesantren, dan Madrasah Dampingan PTAI.
Jakarta: Kemenag RI Direktorat Jendral Pendidikan Islam dan
Direktorat Pendidikan Islam.
Fathurrohman, Pupuhdan Sobri Sutikno.2009. Setrategi Belajar
Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum Dan Konsep
Islam,Bandung: Rafika Editama.22 Journal of Social Science Teaching
Hermawati, Retno.2009. Penerapan Metode Peta Pikiran (Mind
mapping) (untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Cerita
Pendek Pada Peserta didik Kelas X SMA Muhammadiyah
Salatiga,Tesis, (Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Universitas Sebelas Maret Salatiga: Tidak Diterbitkan).
Taggard, Robin MC. 1991. Action Research: A Short Modern
History,Victoria: Deakin University.
Suprijanto. 2008.Pendidikan Orang Dewasa, Dari Teori Hingga
Aplikasi, Jakarta: Bumi Aksara.
Buzan, Tony.2002. Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas,
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
-----------------. 2010. Buku Pintar Mind mapping, terjemahan Susi
Purwoko, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wiliana. Beberapa Faedah Penerapan Mind mappingdalam
Pembelajaran, wrplit.blogspot.com, diakses pada tanggal 22
Juni 2013.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/ji.v1i1.3098
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ijtimaiya Journal by Prodi Tadris IPS IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.