Penguasaan Leksikal Bahasa Arab Yaumiyyah Siswa TPQ Nurul Iman Pati

Aizzatul Laili, Furaida Ayu Musyrifa, Khabibi Muhammad Luthfi

Abstract


ملخص

تهدف هذه الدراسة لمعرفة الكفاءة اللفظية اليومية لدى الطلاب في روضة التربية القرآن باطي جاوى الوسطى. هذا، على الأساس أن لها خاصائص، هي تدميج بين تعليم اللفطية في القرآن واللفظية اليومية تدريجا بحيث أن تكون تسعة مستويات. المدخل المستخدم في هذه الدراسة هو الكمي-الكيفي من مصادر البيانات الميدانية ومن الطلاب. وجمعها من خلال الإختبار والمقابلة والملاحظة والتوثيق. أما تحليل بياناتها بنمودج سبرادلي بأربعة تقنيات هي المجالية والتصنيفية والمكونية والموضوعية الثقافية. من النتائج هي الكفاءة اللفظية اليومية لديهم المتعلقة بالحقول الدلالية والسمة الدلالية وشبكة الدلالية جيدة جدا والعوامل التي أثرتها هي كفاية اللغوية وعمر ولغة أولى أو أم لطلاب، والمواد الدراسية واستعمالها في الحياة، والمدرس.

 

Abstrak

Tujuan tulisan ini untuk mengetahui penguasaan leksikal keseharian siswa TPQ Nurul Iman Pati Jawa Tengah. Ini berangkat dari keunikan TPQ ini yang memadukan pembelajaran leksikal Alquran dengan kosa kata keseharian (keseharian) secara gradasi menjadi sembilan tingkatan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantilatif yang bersumber data dari lapangan dan siswa dengan metode pengumpulan data melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun Analisis datanya menggunakan Model Spradley dengan teknik domain, taksonomi, komponensial dan tema budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan leksikal yaumiyyah siswa TPQ dalam bentuk semantik hierarkis, perbandingan fitur, dan spreading activation network sangat baik dan faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah kompetensi atau potensi berbahasa, umur, dan bahasa pertama siswa; materi pembelajaran dan penggunaannya dalam dunia nyata; dan pendidik.


Keywords


penguasaan, leksikal, keseharian, materi pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Al-Atsary, A. H. (2007). Pengantar Mudah Belajar Bahasa Arab. Bandung: Pustaka Adhwa.

Ali, M. (2008). Pembentukan Kemampuan Berbahasa Arab Pada Anak Usia Prasekolah Di TPQ Nur Iman Karangjambu Purwanegara Purwokerto Utara, Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah. Purwokerto: STAIN Purwokerto.

Andriyani, R., & Nurmalina, N. (2020). Pengaruh Metode Bererita Terhadap Kemampuan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Darussalam Kualu Nenas. Journal on Teacher Education, 1(2), 39–46. Retrieved from journal.universitaspahlawan.ac.id

Azwar, S. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Brown, H. D. (2007). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa Edisi Kelima. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Bungin, B. (2008). Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Chaer, A. (2003). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

_______. (2009). Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjodjo, S. (2008). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Firdaus, S., & Hafidah, S. (2020). Mnemonik : Solusi Kreatif untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Siswi Madrasah Aliyah Nurul Jadid. PALAPA, 8(1), 81–96. doi:10.36088/palapa.v8i1.700

Hamid, A., Bahruddin, U., & Musthofa, B. (2008). Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan, Metode, Strategi dan Media. Malang: UIN Malang Press.

Hidayatullah, Moch. S. (2010). Pengantar Linguistik Bahasa Arab: Klasik Modern. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah.

Iskandarwassid, & Suendar, D. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kridalaksana, H. (2008). Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Luthfi, K. M. (2020). Epistemologi Nahw (Pedagogis) Modern. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Markus, N., Kusmiyati, K., & Sucipto, S. (2017). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2). doi:10.25139/fonema.v4i2.762

Slamet, S. (2020). Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Kelas 7 MTS Ma’arif Suka Slamet Indramayu. Syntax Idea, 2(11), 953–961. doi:10.36418/syntax-idea.v2i11.731

Sumiyadi, & Anshori, D. S. (2009). Bahasa dan Sastra dalam Perspektif Pendidikan. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS UPI.

Tarigan, H. G. (1993). Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

________. (2009). Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa.

TIM TPQ Nurul Iman. (2012). Materi Bahasa Arab. TPQ Cluwak Pati.

Wahab, M. A. (2008). Epistemologi dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Lembaga Penelitian Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

________. (2009). Pemikiran Linguistik Tammam Hassan dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v13i1.9688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..