UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB MELALUI FORUM MGMP BAHASA ARAB SE-INDONESIA

Nafisatul Fuadah, Sheila Nashiba, Zakiyah Arifa

Abstract


Guru merupakan role model dalam dunia pendidikan. Baik tidaknya kualitas pembelajaran sangat bergantung pada guru. Oleh karenanya guru yang kompeten dalam berbagai hal menjadi suatu keniscayaan. Untuk itu, upaya peningkatan kompetensi bagi guru harus selalu dilakukan baik dari segi pedagogik, profesional, sosial maupun kepribadian. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan F-MGMP Bahasa Arab sebagai forum untuk peningkatan dan pengembangan kompetensi guru bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini yaitu deskriptif kualitatif sebab peneliti ingin mengeksplor upaya-upaya yang dilakukan F-MGMP dalam meningkatkan kompetensi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi yang menjadi fokus dari forum ini yaitu kompetensi pedagogik yang dituangkan dalam kegiatan seminar nasional, kompetensi professional yang direpresentasikan dengan workshop dan pelatihan serta kompetensi sosial yang diwujudkan dalam kegiatan presentasi dan pertemuan nasional. Adapun olimpiade nasional bahasa Arab dan festival merupakan syiar bahasa Arab agar menambah rasa cinta dan motivasi bagi pengajar dan pelajar bahasa Arab.


Keywords


Guru, Kompetensi Guru, F-MGMP Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Fadhlullah, Muhammad Rajab. 2011. Mu’allim al-Lughah al’Arabiyyah, Ma’ayir I’dadihi, wa Mutathallabat Tadribihi. Kairo: Alim al-Kutub.

Leonard. Kompetensi Tenaga Pendidik Di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru Dan Solusi Perbaikannya. Jurnal Formatif Vol.5 No.3 2015

Muradi, Ahmad. Pengembangan Kompetensi Guru Bahasa Arab Melalui Imla Sebagai Organisasi Profesi. Journal Of Arabic Studies Vol.1 No.2 2016

Nez, Alif Laela. Upaya Peningkatan Kualitas Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Melalui Model MBS” Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan I, 2013

Novauli, Feralys. M, Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 2005 Volume 3 No.1

Saragih, Mandra dan Ratna Sari Dewi. Efektifitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Bahasa Inggris Di Kota Binjai. Jurnal Tarbiyah Vol.24 No.2 2017.

Sudirman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali

Surya, Nana Permana, Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Dengan Kompetensi dan Sertifikasi Guru. STUDIA DIDAKTA Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 2017 Vol. 11 No.1

Sutikno, M. Sobry. 2009. Strategi Belajar Mengajar Melalui Pemahaman Konsep Umum dan Islami. Bandung : PT. Refika Aditama.

Sagala, Syaiful. 2011. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zuhimma. Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Tarbiyah. 2015. Vol. 22 No. 2




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v11i2.5213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..