Pengelolaan Kelas Sebagai Upaya Menciptakan Pembelajaran Bahasa Arab Yang Efektif

bengatun siti, Rochanah Rochanah

Abstract


Pengelolaan kelas merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki seorang pendidik. Karenanya, setiap pendidik dituntut untuk memiliki keterampilan yang kreatif dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari pengelolaan kelas pembelajaran bahasa Arab adalah menciptakan suasana pembelajaran bahasa Arab yang efektif. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan literatur (kepustakaan). Teknik pengumpulan data melalui identifikasi wacana dari buku-buku, artikel, dan jurnal. Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini yakni; Bagaimana pengelolaan kelas dalam menciptakan pembelajaran bahasa Arab yang efektif?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, memperhatikan komponen-komponen keterampilan mengelola kelas, yakni: a. Keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal (bersifat preventif), meliputi sikap tanggap dan membagi perhatian. b. Keterampilan yang berhubungan dengan pengembangan kondisi yang optimal. Kedua, mengetahui prinsip-prinsip pengelolaan kelas, yakni: hangat dan antusias, tantangan, bervariasi, keluwesan, penekanan pada hal-hal yang positif. Ketiga, memahami pendekatan dalam pegelolaan kelas, meliputi: pendekatan kekuasaan, pendekatan pengajaran, pendekatan kerja kelompok, pendekatan elektis atau pluralistic.

 

 


Keywords


Kata kunci: Pengelolaan kelas; pembelajaran bahasa Arab; efektif.

References


Asmadawati, “KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS,” Logaritma II, No. 02 (2014).

DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki. Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa, 2000.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Ekawati, Dian. “An-Nabighoh, Strategi Pengelolaan Kelas Pembelajaran Bahasa Arab”. 20, No. 01, (2018)

Harjali, “PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, Strategi Pendidik dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Kondusif: Studi Fenomenologi pada kelas-kelas Sekolah Menengah Pertama di Ponorogo” 23, No. 1, (2016): 13-17

Johar, Rahmah dan Latifah Hanum. STRATEGI PEMBELAJARAN. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2016.

Kompri, Manajemen Sekolah, Teori dan Praktik. Bandung: Alfabeta, 2002.

Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Pendidik dan Peserta didik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya, 2005.

Munir, Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab Teori dan Praktik. Jakarta: KENCANA, 2017.

Nasution, S. DIDAKTIK ASAS-ASAS MENGAJAR. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2000.

Pandeirot, Nyoman Surna-olga D. Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Erlangga, 2014.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Supardi, Kinerja Pendidik. Jakarta: Rajawali Pers, 2004.

Usman, Moch. Uzer. MENJADI PENDIDIK PROFESIONAL. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA, 2009.

Wiyani, Novan Ardy. Manajemen Kleas: Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif . Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v11i1.5174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..