Problematika Pembelajaran At-Taraakiib Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Studi Kasus Pada Pembelajaran Al-Kitabah I Mahasiswa PBA Stain Kudus)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pembelajaran menulis bahasa Arab di Prodi PBA STAIN Kudus, 2) mengidentifikasi bentuk-bentuk Taraakiib yang menjadi kendala utama dalam pembelajaran kitabah di Prodi PBA STAIN Kudus, 3) mengidentifikasi hambatan mahasiswa dalam pembelajaran kitabah di Prodi PBA STAIN Kudus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan human instrument sebagai instrumen utama. Dalam pelaksanaannya, peneliti juga menggunakan instrumen bantu seperti pedoman wawancara, pedoman observasi, dokumentasi, dan ceklis kesalahan tulis mahasiswa.Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain 1) Realitas pembelajaran menulis Arab telah sesuai dengan tahapan pembelajaran yakni pra menulis, penulisan, dan pasca penulisan, 2) Peta bentuk-bentuk Taraakiib yang menjadi kendala utama secara berurutan adalah tarkiib washfi 23,3 %, tarkiib idlafiy 20 %, tarkiib isnaadiy 16,7 %, dan tarkiib ‘adadiy 13,3 %, adapun sisanya sebesar 26,7 % adalah kendala dalam diksi yang memuat beberapa kategori morfologi. 3) Hambatan yang dihadapi mahasiswa dalam belajar kitabah dapat berupa hambatan psikologis, hambatan pedagogis, dan hambatan linguistis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Alim Ibrahim, Al-Muwajjah al-Fanniy li Mudarrisiy al-Lugah al-‘Arabiyyah, Al-Qaahira: Daar al-Ma’aarif, cet. Ke- 17, Tt.
Abdur Rahman Ibrahim Fauzan, Idlaa’at Li Mu’allimii al-Lugah al-‘Arabiyyah Li Gayr an-Naathiqiin Bihaa, Ar-Riyaadl: Fahrasat Maktabah al-Malik Fahdl al-Wathaniyyah, 2011
Effendy, Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2009
Fakhrurrozi, Aziz, ErtaMahyudin, PembelajaranBahasa Arab, DirektoratJenderalPendidikan Islam Kementrian Agama, 2002
Mahir Sya’ban Abdul Baariy, Al-Maharat al-Kitabiyah min an-Nasy’ah ila at-Tadriis, ‘Ammaan: Daar al-Masiirah li an-Nasyr wa at-Tauzii’ wa ath-Thiba’ah, 2010
Munajat, Fuad, “Pembelajaran Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus Bagi Non-Arab: Pelajaran dari Universitas Kanal Suez Mesir, Vernaculer, Edisi 7, September, 2014
Pujiono, Setyawan, “Konsep Dasar Menulis”, diunduh dari situs www.staffnew.uny.ac.id pada 16 September 2018
Rusydi Ahmad Thu’aimah, Ta’liim al-‘Arabiyyah Li Gayr an-Naathiqiin Bihaa: Manaahijuh wa Asaaliibuh, Rabaat: ISESCO, 1989
Shalaah ‘Abdul Majiid al-‘Arabiy, Ta’allum al-Lugaat al-Hayyah wa Ta’liimuhaa: Bayn an-Nadzariyyah wa at-Tathbiiq, Beirut: Maktabah Lubnaan, 1981
Umar Shiddiq Abdullah, Ta’liim Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Li an-Naathiqiin Bi Gayrihaa: Ath-Thuruq, Al-Asaaliib, Al-Wasaa’il, Al-Jiizah: Ad-Daar Al-‘Aalamiyyah Li an-Nasyr wa at-Tawzii’, Cet. Pertama, 2008
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v10i2.4281
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..