Penghambat Kemahiran Berbicara (Maharah Kalam) di Pesantren Nurul Haq Semurup

Oki Mitra, Ainil Khuryati, Budi Sentia

Abstract


Pembelajaran kemahiran berbicara harus dirancang sedemikian rupa sehingga arah yang dituju tepat sasaran sehingga mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Namun terdapat beberapa masalah yang dihadapi oleh santri adalah ketidakmampuan mereka untuk berbicara dalam bahasa Arab, kurangnya pengetahuan mereka tentang bahasa tersebut, beberapa santri yang malas menghafal percakapan bahasa arab sehingga mereka tidak paham dengan percakapan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk melakukan penyelidikan dan menganalisis tentang penghambat kemahiran berbicara (maharah kalam) di Pesantren Nurul Haq Semurup. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa penghambat kemahiran berbicara dapat dilihat dari dua segi yaitu segi proses dan segi hasil. Kemudian, upaya yang dilakukan oleh divisi bahasa untuk menunjang kemahiran berbicara bahasa Arab yaitu penerapan metode yang tepat dan evaluasi pembelajaran kemahiran berbicara.

Keywords


Penghambat, Kemahiran Berbicara

Full Text:

PDF

References


AC. (2022). Santriwati Kelas X Aliyah Pesantren Nurul Haq Semurup. Wawancara, 11 November.

Adha Zam Zam Hariro, Nabila Ulkhaira, & Rizki Ramadhani. (2024). Perencanaan dalam Administrasi Pendidikan. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 94–107. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i3.2850

Amirudin, & Fatmawati. (2018). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII SMP UNISMUH Makassar. Al-Maraji’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 27–39. http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2755

AS. (2022). Santri Kelas X Aliyah Pesantren Nurul Haq Semurup. Wawancara, 11 November.

AT. (2022). Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab Pesantren Nurul Haq Semurup. Wawancara, 01 November.

Ayu Ike Nur Isnaini, & MZ, I. N. (2024). Penerapan Metode Muhadatsah untuk Meningkatkan Maharah Kalam Siswa di Lembaga Kursus Bahasa Arab (LKBA) “OCEAN” Pare Kediri. Menara Tebuireng : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(2), 1–12. https://doi.org/10.33752/menaratebuireng.v19i2.6126

Bahroyni, S., Fauzi, U., & Najib, M. B. A. (2022). Manajemen Program Matrikulasi Pembelajaran Maharatul Kalam di CIBI (Cahaya Ilmu Bahasa Intelektual). Mahira, 2(2), 107–122. https://doi.org/10.55380/mahira.v2i2.321

Creswell, J. W. (2014). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publication.

Enramika, T. (2022). Bentuk Tes Kemahiran Berbicara Bahasa Arab. Islamic Education, 2(1), 14–24. https://doi.org/10.57251/ie.v2i1.280

Evi Nurus Suroiyah. (2020). Manfaat Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemahiran Istima’ (Mendengar). Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 16–26.

Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Remaja Rosdakarya.

Ina Magdalena, Hadana Nur Fauzi, & Raafiza Putri. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 244–257. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.722

INI. (2022). Santriwati Kelas X Aliyah Pesantren Nurul Haq Semurup. Wawancara, 11 November.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Kholiq, I. N., & Khabibullah, M. Z. (2021). Problematika Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Darul Qur’an Glenmore Banyuwangi. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 1(02), 301–316. https://doi.org/10.30739/arabiyat.v1i02.1404

Kholison, M., Suja, A., Setyawan, C. E., & Hantoro, R. R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Dengan Pendekatan Kemahiran Berbicara. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 90–102. https://doi.org/10.35316/lahjah.v4i1.90-102

Khomsah, A. F., & Imron, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab melalui Kolaborasi Metode Questioning dan Media Kahoot. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1), 99–118. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i1.3867

Mahmudah, S. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 20(01). https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131

Mardiyah, S. M. (2020). Metode Eklektik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1), 119–143. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i1.3906

Miftachul Taubah. (2020). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Maharah Kalam. Mu’allim: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 57–65. https://doi.org/10.35891/muallim.v2i1.2201

Muhammad Nur Asmawi, & Nur Azisah. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Melalui Metode Pemberian Tugas Selama Pandemi Covid-19 Di MA Al-Ikhwan Topoyo. Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 53–67. https://doi.org/10.24239/albariq.v3i2.38

NRZ. (2022). Pembina Asrama di Pesantren Nurul Haq Semurup. Wawancara, 16 November.

Nuraeny, Y. (2016). Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Pada Mata Kuliah Istima’i. Jurnal Al-Ashriyyah, 2(1). http://jurnal.nuruliman.or.id/index.php/alashriyyah/article/view/15/12

Nurlaila, N. (2020). Maharah Kalam Dan Problematika Pembelajarannya. AL-AF’IDAH, 4(2), 55–65. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v4i2.596

Rani, S. A. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi. At-Ta’dib, 9(02), 163–177.

Sardila, V., Nurani, N., Faiza, N., Silvia, N., & Ainiyah, N. (2024). Analisis Perbedaan Bahasa Melayu Riau Klasik dan Bahasa Melayu Riau Modern di Kampar. Gurindam: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(1), 18–26.

Setiadi, F. M., & Zulpina, Z. (2022). Pelatihan Penguatan Maharah Kalam Bagi Santri Pondok Pesantren Darut Tarbiyah Mandailing Natal. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(3), 319–326. https://doi.org/10.46306/jub.v2i3.98

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tanjung, M. F., Aisyah, S., & Karnedi, S. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Torgamba. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 2(3), 53–59. https://jurnal.anfa.co.id/index.php/relinesia/article/view/1419/1358

Zakiah, N. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Islamiyah Kotabumi Lampung Utara. Indonesian Journal of Instructional Technology, 2(1), 52–66.

Zendrato, J. (2016). TINGKAT PENERAPAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI KELAS Suatu Studi Kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2). https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p58-73




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v16i2.29390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..