Penghambat Kemahiran Berbicara (Maharah Kalam) di Pesantren Nurul Haq Semurup
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AC. (2022). Santriwati Kelas X Aliyah Pesantren Nurul Haq Semurup. Wawancara, 11 November.
Adha Zam Zam Hariro, Nabila Ulkhaira, & Rizki Ramadhani. (2024). Perencanaan dalam Administrasi Pendidikan. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 94–107. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i3.2850
Amirudin, & Fatmawati. (2018). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII SMP UNISMUH Makassar. Al-Maraji’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 27–39. http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2755
AS. (2022). Santri Kelas X Aliyah Pesantren Nurul Haq Semurup. Wawancara, 11 November.
AT. (2022). Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab Pesantren Nurul Haq Semurup. Wawancara, 01 November.
Ayu Ike Nur Isnaini, & MZ, I. N. (2024). Penerapan Metode Muhadatsah untuk Meningkatkan Maharah Kalam Siswa di Lembaga Kursus Bahasa Arab (LKBA) “OCEAN” Pare Kediri. Menara Tebuireng : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(2), 1–12. https://doi.org/10.33752/menaratebuireng.v19i2.6126
Bahroyni, S., Fauzi, U., & Najib, M. B. A. (2022). Manajemen Program Matrikulasi Pembelajaran Maharatul Kalam di CIBI (Cahaya Ilmu Bahasa Intelektual). Mahira, 2(2), 107–122. https://doi.org/10.55380/mahira.v2i2.321
Creswell, J. W. (2014). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publication.
Enramika, T. (2022). Bentuk Tes Kemahiran Berbicara Bahasa Arab. Islamic Education, 2(1), 14–24. https://doi.org/10.57251/ie.v2i1.280
Evi Nurus Suroiyah. (2020). Manfaat Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemahiran Istima’ (Mendengar). Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 16–26.
Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Remaja Rosdakarya.
Ina Magdalena, Hadana Nur Fauzi, & Raafiza Putri. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 244–257. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.722
INI. (2022). Santriwati Kelas X Aliyah Pesantren Nurul Haq Semurup. Wawancara, 11 November.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Kholiq, I. N., & Khabibullah, M. Z. (2021). Problematika Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Darul Qur’an Glenmore Banyuwangi. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 1(02), 301–316. https://doi.org/10.30739/arabiyat.v1i02.1404
Kholison, M., Suja, A., Setyawan, C. E., & Hantoro, R. R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Dengan Pendekatan Kemahiran Berbicara. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 90–102. https://doi.org/10.35316/lahjah.v4i1.90-102
Khomsah, A. F., & Imron, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab melalui Kolaborasi Metode Questioning dan Media Kahoot. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1), 99–118. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i1.3867
Mahmudah, S. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 20(01). https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131
Mardiyah, S. M. (2020). Metode Eklektik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1), 119–143. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i1.3906
Miftachul Taubah. (2020). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Maharah Kalam. Mu’allim: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 57–65. https://doi.org/10.35891/muallim.v2i1.2201
Muhammad Nur Asmawi, & Nur Azisah. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Melalui Metode Pemberian Tugas Selama Pandemi Covid-19 Di MA Al-Ikhwan Topoyo. Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 53–67. https://doi.org/10.24239/albariq.v3i2.38
NRZ. (2022). Pembina Asrama di Pesantren Nurul Haq Semurup. Wawancara, 16 November.
Nuraeny, Y. (2016). Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Pada Mata Kuliah Istima’i. Jurnal Al-Ashriyyah, 2(1). http://jurnal.nuruliman.or.id/index.php/alashriyyah/article/view/15/12
Nurlaila, N. (2020). Maharah Kalam Dan Problematika Pembelajarannya. AL-AF’IDAH, 4(2), 55–65. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v4i2.596
Rani, S. A. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi. At-Ta’dib, 9(02), 163–177.
Sardila, V., Nurani, N., Faiza, N., Silvia, N., & Ainiyah, N. (2024). Analisis Perbedaan Bahasa Melayu Riau Klasik dan Bahasa Melayu Riau Modern di Kampar. Gurindam: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(1), 18–26.
Setiadi, F. M., & Zulpina, Z. (2022). Pelatihan Penguatan Maharah Kalam Bagi Santri Pondok Pesantren Darut Tarbiyah Mandailing Natal. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(3), 319–326. https://doi.org/10.46306/jub.v2i3.98
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tanjung, M. F., Aisyah, S., & Karnedi, S. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Torgamba. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 2(3), 53–59. https://jurnal.anfa.co.id/index.php/relinesia/article/view/1419/1358
Zakiah, N. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Islamiyah Kotabumi Lampung Utara. Indonesian Journal of Instructional Technology, 2(1), 52–66.
Zendrato, J. (2016). TINGKAT PENERAPAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI KELAS Suatu Studi Kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2). https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p58-73
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v16i2.29390
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..