Keberhasilan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Teks Deskriptif Pada Mahasiswa
Abstract
Abstrak
Media pembelajaran merupakan kebutuhan program belajar yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini memanfaatkan aplikasi wordwall sebagai media pembelajaran berbasis game edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik penggunaan aplikasi wordwall dalam pembelajaran teks deskriptif pada mahasiswa, faktor apa yang menyebabkan keberhasilan aplikasi wordwall dalam pembelajaran teks deskriptif mahasiswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas aplikasi wordwall dalam meningkatkan pembelajaran teks deskriptif mahasiswa pada mata kuliah kitabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian mahasiswa PBA IAIN Curup dengan jenis penelitian kuantitatif asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun hubungan antara dua variabel atau lebih. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket, tes dan dokumentasi. Analisis data yang disajikan dalam penelitian ini menggunakan bentuk analisis komparatif dengan membandingkan nilai pretest dan posttest (Uji t sampel berhubungan). Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan yang cukup signifikan dari nilai pretest yang lebih kecil dibandingkan nilai posttest 50,45 < 81,50, (2) berdasarkan rumus N-gain terdapat peningkatan sekitar 62,6% dari skor pre-test ke post-test dengan kategori cukup meningkat. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi wordwall cukup efektif dalam meningkatkan pembelajaran teks deskriptif. Selain itu, aplikasi wordwall dapat meningkatkan kesenangan, ketertarikan serta semangat dan motivasi mahasiswa dalam pembelajran bahasa arab khususnya pembelajaran teks deskriptif atau al kitabah al wasfiyah.
Keyword : wordwall; teks deskrptif; pembelajaran kitabahKeywords
Full Text:
PDFReferences
References
Ade Chandra, R. D. (2017). Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif Untuk Mengenalkan Huruf Vokal a, I, U, E, O Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun Paud Labschool Jember. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1), 62–71. https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp62-71
Afrizal, D. Y. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Prosiding Samasta.
Al-Gali, A., & Abdullah, A. H. (2012). Menyusun Buku Ajar Bahasa Arab. Padang: Akademia Permata.
Apriani, H. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran SAVI Dengan Bantuan Media Word Wall Pada Siswa Kelas X IPS MA Al-Khairaat Tarakan.
Arfida, S., & Harahap, R. E. (2014). Implementasi Media Pembelajaran Teknik Pengkodean Barcode Berbasis Multimedia. Proseding Seminar Bisnis & Teknologi IIB Darmajaya, 407–420.
Ariyana, A., Ramdhani, I. S., & Sumiyani, S. (2020). Merdeka Belajar melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 356–370.
Asrori, I. (2011). Strategi Belajar Bahasa Arab. Malang: Misykat Indonesia.
Crosnberry, J. (2004). Word Walls a Support for Literacy in Secondary School Classroom. Canada: Curriculum Services.
Emig, J. (1977). Writing as a mode of learning. College Composition and Communication, 28(2), 122–128.
Fakhruddin, A. A., Firdaus, M., & Mauludiyah, L. (2021). Wordwall Application as a Media to Improve Arabic Vocabulary Mastery of Junior High School Students. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 5(2), 217–234.
Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Foor, C. E., Walden, S. E., & Trytten, D. A. (2007). “I wish that I belonged more in this whole engineering group:” Achieving individual diversity. Journal of Engineering Education, 96(2), 103–115.
Ghufron, Z., Mufrodi, A., Huda, V. H., & Sahuri, A. W. (n.d.). Problem dan Solusi Pembelajaran Al-Kitabah pada Mahasiswa Jurusan PBA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Imawati, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teks Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif. Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 1(1), 53–63.
Laksana, A. S. (2020). Creative writing. Banana.
Malik, B. (2017). The value of writing skills as an addition to the medical school curriculum. Advances in Medical Education and Practice, 8, 525.
Nurhanifah, N. S. (2021). Problematika Mahasiswa Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemahiran Menulis Bahasa Arab. Semnasbama, 5, 643–650.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Putri, F. M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika Pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan.
Qulub, T., & Renhoat, S. F. (2020). Penggunaan media padlet untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi. Prosiding Samasta.
Rathomi, A. (2020). Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Tarbiya Islamica, 8(1), 1–8.
Risyofa, A. (2023). PENGGUNAAN DIKSI DALAM TEKS DESKRIPTIF PADA MAHASISWA PGMI STAI DARUL ULUM KANDANGAN. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(1), 45–51.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02
Sari, W. I. Y. (2021). Wordwall sebagai Media Belajar Interaktif Daring dalam Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Geografi Pada Mata Kuliah Geografi Desa Kota di Masa Pandemi. Akademika, 10(1), 1–15.
Savitri, A. (2021). Pemanfaatan game edukasi wordwall sebagai evaluasi pembelajaran bahasa indonesia secara daring di perguruan tinggi. ISoLEC Proceedings, 5(1), 159–166.
Selwyn, R., & Renaud-Assemat, I. (2020). Developing technical report writing skills in first and second year engineering students: a case study using self-reflection. Higher Education Pedagogies, 5(1), 19–29.
Sinaga, A. B., Sebayang, F. A. A., & Saragih, O. (2021). KESALAHAN GRAMATIKA BAHASA INGGRIS DALAM MENULIS TEKS DESKRIPTIF OLEH MAHASISWA FARMASI SEMESTER DUA UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 6(1), 1–11.
Turohmah, F., Mayori, E., & Sari, R. Y. (2020). Media Pembelajaran Word Wall Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengingat Kosa Kata Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(1), 13–19. https://doi.org/10.32832/jpls.v13i2.2634
Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Inform, 1(1), 1–8. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.25139/ojsinf.v1i1.220
Yunus, M. (2014). Hakikat menulis. Keterampilan Menulis, 1–45.
Yusuf, J., Alhafidz, A. Z., & Luthfi, M. F. (2019). Menulis Terstruktur Sebagai Urgensi Pembelajaran Maharah Al-Kitabah. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 21(02), 203. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i02.1683
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v16i2.26607
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..