Taṭbīq Barnāmaj al-Murāja'ah 'an Bu'din li-Dars al-Lughah al-'Arabiyyah li-Ṭalabah al-Ma'had bi Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktifitas muraja’ah bahasa Arab jarak jauh bagi santri yang sedang berlibur selama bulan Ramadhan serta respon wali santri terkait kagiatan tersebut. Hal ini berdasarkan permintaan wali santri untuk meminimalisir penggunaan gawai selama liburan. Untuk memeroleh data peneliti melakukan wawancara kepada guru bahasa Arab guna mengetahui langkah-langkah program muraja’ah bahasa Arab jarak jauh. Kemudian peneliti mewawancarai wali santri guna mengetahui keikutsertaan mereka dalam pengawasan putranya selama liburan, Selain wawancara peneliti melakukan dokumentasi keaktifan santri dalam kegiatan tersebut. Peneliti berkesimpulan bahwa aktifitas muraja’ah bahasa Arab dilaksanakan selama 2 hari dalam melalui platform “Gimkit”. Guru memilih permainan yang menarik dan mengisi kolom pertanyaan terkait bahasa Arab untuk dibagikan kepada santri. Santri menjawab pertanyaan tersebut melalui permainan “Gimkit”. Berdasarkan pernyataan orang tua aktifitas ini membantu santri mengulang pelajaran bahasa Arab selama di liburan. Disamping itu wali santri dapat ikut berperan dalam pengawasan karena terdapat koordinasi dengan guru pengajar di pondok.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Ahqaf, M. I., Eslayeh, K., Mahmoud, M. F. A.-A., Anah, S., & Rusuly, U. (2022). Istikhdām Kahoot! Fī Al-Taqwīm Al-Yaumī li-Mādah Al-Lughah Al-‘Arābīyah: Al-Bahts Al-Tajrībī fī Al-Madrasah Al-Tsānawīyah. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 10(2), 241–254. https://doi.org/10.23971/altarib.v10i2.4204
Almelhes, S. A. (2024). Gamification for teaching the Arabic language to non-native speakers : a systematic literature review. Frotntiers in Education, March, 1–11. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1371955
Arifin, Z., Desrani, A., Wardana Ritonga, A., & Ibrahim, F. M. A. (2023). An Innovation in Planning Management for Learning Arabic at Islamic Boarding Schools. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 77–89. https://doi.org/10.31538/ndh.v8i1.3237
Ashari, M. K., Rohmah, A. N., & Yudi, U. (2023). Joyful Learning with App-Based Interactive Qizzes in Senior High Schools in The Digital Era. JURNAL CENDEKIA: Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 15(02), 210–228. https://doi.org/https://doi.org/10.37850/cendekia.v15i02.528
Azmi, F. Al, Adzimah, H., Aminullah, M. A., & Taufiqurrochman, R. (2023). Peranan Game Based Learning dengan Aplikasi Quizizz dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Muyassar : Journal of Arabic Education, 2(1), 50–66. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/al-muyassar.v2i1.6678
Azzahra, S., & Sya, M. F. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(1), 329–338. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7943
Bratel, O., Kostiuk, M., Bratel, S., & Okhrimenko, I. (2021). Student-centered online assesment in foreign language classes. Linguistics and Culture Review, 5(S3), 926–941. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5ns3.1668
Dahalan, F., Alias, N., & Shaharom, M. S. N. (2023). Gamification and Game Based Learning for Vocational Education and Training: A Systematic Literature Review. Education and Information Technologies, 29(2), 1279–1317. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11548-w
Darsyah, S. (2023). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan Syukron. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 857–861. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12957
Edwards, L. (2023). Gimkit: How to Use It for Teaching. TECH & LEARNING. https://www.techlearning.com/how-to/what-is-gimkit-and-how-can-it-be-used-for-teaching-tips-and-tricks
Fauzi, M. F., Fauzan, M., Imani, H. I. A.-S., Haq, K. A., & Anindiati, I. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Fundamental Digital Skills dalam Pengajaran Bahasa Arab bagi Guru IMLA dan Forum MGMP Bahasa Arab Jawa Timur 1. Jurnal Tifani, 3(3). http://tifani.org/index.php/tifani/article/view/58
Ferdiansyah, S., Supiasutik, & Angin, R. (2020). Pengalaman Mahasiswa Thailand dalam Pembelajaran Daring di Universitas di Indonesia pada Masa Pandemi COVID-19. Journal of International Students, 10(3), 58–74. https://doi.org/https://doi.org/10.32674/jis.v10iS3.3199
Fitri, H., Hendriani, S., Munir, S., & Khairat, A. (2023). Pelaksanaan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di MTsN 1 Tanah Datar. Islamika, 5(2), 546–558. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i2.3016
Ghofur, A., Kholis, M. N., Sodik, A. J., & Shiddiq, J. (2023). Students ’ Perceptions And Motivation Towards Teaching Arabic Vocabulary Through Gamification. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 6(3), 682–694. https://doi.org/https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v6i3.18642
Hamidi, K., Jamaluddin, W., Koderi, K., & Erlina, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Video Animasi Interaktif untuk Siswa Madrasah Aliyah. Journal on Education, 5(2), 5289–5296. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1098
Hasan, A. A., & Baroroh, U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab melalui Aplikasi Videoscribe dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. LISANUNA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 9(2), 140–155. https://doi.org/ttp://dx.doi.org/10.22373/ls.v9i2.6738
Ilhami, R., Wargadinata, W., Hasan, N., Ikhlas, M., & Najar, S. A. (2022). Quizizz As an Arabic Vocabulary Media Learning in Digitalization Era: Process, Weakness and Strengths. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 10(1), 13–24. https://doi.org/10.23971/altarib.v10i1.3787
Kaharuddin. (2021). Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium : Jurnal Pendidikan, IX(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489
Lathifah, W. N., Zibrija, F. R., & Ummah, A. N. (2023). Hashtag Belajar Bahasa Arab Pada Aplikasi TikTok: Variasi Media Pembelajaran Kosa Kata di Era Digital. Proceeding of International Conference on Arabic Language (INCALA), 19, 1–17. https://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/1333
Maturedy, F. (2023). Istikhdamu Padlet fi Nasyatit Tarjamah bi Majmu’atit Thalabah ICIS: Kayfal Istijabatu ‘anha? Lisaanuna Ta`lim Al-Lughah Al-Arabiyah : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 161–176.
Nadhif, M. (2019). Pengembangan Multimedia Dalam Pembelajaran Kosakata (المردات) Bahasa Arab Di Pesma Al-Hikam Malang. Cordova Journal Language and Culture Studies, 9(1), 52–71. https://doi.org/10.20414/cordova.v9i1.1776
Prananingrum, A. V., Rois, I. N., & Sholikhah, A. (2020). Kajian Teoritis Media Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Bahasa Arab Nasioanl VI, 3(1), 303–319. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/717/663
Putri, A. N., & Hasan, M. A. K. (2022). Penerapan Kecerdasan Buatan sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di Era Society 5.0. Tarling : Journal of Language Education, 7(1), 69–80. https://doi.org/10.24090/tarling.v7i1.8501
Ru’iya, S., & Thonthowi. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa dengan Pendekatan Multi Strategi. IDAARAH: Jurnal Manajemen Pendidikan, VI(2), 297–314. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i2.32672
Utama, M. P. A., & Muassomah. (2021). Rekondisi Metode Mengajar Bahasa Arab: Studi Naratif Pengalaman Tutur. At-Tuhfah: Jurnal Studi Keislaman, 10(April), 1–12. https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/at-tuhfah/article/view/429
Utami, R., Mustakim, N., Taufiq, A., Rahmi, S., Sanwil, T., Febrianingsih, D., Bahtiar, I. R., Amzana, N., Ulfa, M., & Surur, M. (2021). Media Pembelajaran Bahasa Arab (Rasyidin (ed.); 1st ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Q-BEEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA159&dq=media+pembelajaran+bahasa+arab&ots=sVQWmNSWm6&sig=Ynhr_o8JnbRznhvqJmlXWYR8M48&redir_esc=y#v=onepage&q=media pembelajaran bahasa arab&f=false
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v16i2.26367
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..