Desain Modul Ajar Maharah Qiroah Berbasis Aplikasi Quizizz Di PRODI PBA UNISMA

Mohammad Rifqi Junaidi, Diah Dina Aminata, Sahya Husain

Abstract


Abstrak

Pada pelaksanaan pembelajaran maharah qiroah di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UNISMA, penyampaian materi diawali dengan dosen memberikan teks Bahasa Arab, yang kemudian dibaca dan diterjemah oleh satu atau dua mahasiswa, peranan dosen hanya sebagai fasilitator yang memberikan koreksi dan masukan ketika didapati kesalahan dalam aktifitas mahasiswa, penyampaian materi semacam ini disebut sebagai model klasik dalam pembelajaran maharah qiroah, penggunaan model pembelajaran semacam ini didapati kurang begitu signifikan dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa, karena hanya berpusat pada satu atau dua mahasiswa saja, sedangkan mahasiswa yang lain merasa kurang dilibatkan dalam pembelajaran. alur pembelajaran yang monoton juga kurang begitu menarik perhatian mahasiswa sehingga terkesan kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran.

Aplikasi quizizz merupakan salah satu aplikasi berbasis kuis yang menyediakan berbagai fitur menarik untuk bisa diaplikasikan dalam sebuah pembelajaran salah satunya adalah fitur presentasi. dengan berbagai keunggulannya dari aplikasi ini memungkinkan untuk diterapkan dalam pembelajaran maharah qiroah, salah satunya adalah untuk mengkonsep sebuah bahan ajar. Pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi quizizz diharapkan mampu mengkonsep sebuah bahan ajar yang lebih komunikatif dan menarik. Dengan pengaplikasian fitur-fitur dan  keunikan-keunikan yang terdapat di dalam aplikasi ini diharapkan mampu meningkatkan semangat mahasiswa.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian r n d yang dikembangkan oleh Borg and Gall, peneliti bermaksud mengembangkan sebuah bahan ajar maharah qiroah berbasis aplikasi quizizz yang akan digunakan dalam pembelajaran maharah qiroah di prodi Pendidikan Bahasa arab UNISMA.


Keywords


bahan ajar, maharah qiroah, aplikasi quizizz

Full Text:

PDF

References


Aminata, D (2021) Desain Model Lingkungan Bahasa Virtual di MAN 1 Pasuruan. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. 13(2)

Amornchewin, Ratchadaporn The Development of SQL Language Skil in Data Definition Definition and Data Manipulation Languages Using Exercises with Quizizz for Students` Learning Engagement (Indonesian Journal of Informatics Education).

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penilitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta : Rineka Cipta, 2010).

Azwar, Saifuddin, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014).

Bintang, F. M. (2023). Ragam Permainan Edukatif Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Digital. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. 15(2)

Erta Mahyudin dan Aziz Fakhrurrozi, Pembelajaran Bahasa Arab (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2012).

Hamid, Abdul dan Sahya Husein, Desain Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Digital. (Mojokerto: Insight Meditama, 2024)

Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011).

Prensky, M. (2001). Digital Natives, Digital Immigrants Part 1. On the Horizon, 9(5)

Sarwono, Jonathan, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D, (Bandung : ALFABETA, 2015)

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya (Jakarta: PT Bumi Aksara,2011)

Untari, E. (2017). Pentingnya pembelajaran multiliterasi untuk mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar dalam mempersiapkan diri menghadapi kurikulum 2013. Wahana Sekolah Dasar,25(1), 16-22

Yanawut, Chaiyo, “The Effect of Kahoot, Quizizz and Google Forms on the Student Perception in the Classroom Response System”, (Journal Chiang Rai College, Thailand).




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v16i1.25990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..