Strategi Bertahan Lembaga Kursus Bahasa Arab Cahaya Ilmu Bahasa Intelektual DI Kota Malang

Nur Fuadi Rahman, Aulia Mustika Ilmiani, Nur’ainun Ritonga, Humairo Nur Ihsani

Abstract


Lembaga kursus Bahasa arab merupakan peluang bisnis yang menjanjikan, karena posisi Bahasa arab di Indonesia yang menjadi Pelajaran wajib dalam setiap Tingkat Pendidikan, serta kebutuhan akan pembelajaran bahasa Arab masih tinggi, terutama di Indonesia. Namun banyak Lembaga kursus Bahasa arab yang tidak bisa bertahan lama. Artikel ini membahas strategi bertahan lembaga kursus bahasa Arab Cahaya Ilmu Bahasa Intelektual di Kota Malang. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi yang digunakan oleh Lembaga kursus Bahasa arab ini dalam mempertahankan eksistensinya di pasar pendidikan bahasa Arab yang kompetitif. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Hasilnya menunjukkan bahwa Lembaga kursus ini menggunakan strategi unik, setidaknya dua strategi besar yang digunakan, stategi pemasaran serta strategi dalam proses pembelajaran Bahasa arab didalamnya. Dengan strategi ini, Lembaga kursus ini berhasil bertahan dan berkembang di pasar yang kompetitif.

Keywords


Lembaga kursus Bahasa Arab, strategi bertahan, pembelajaran Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Buku

Gebril, Atta, and Hanada Taha-Thomure. 2014. ‘Assessing Arabic’. The Companion to Language Assessment 1781–89.

Miles, Matthew B., and A. Michael Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. sage.

Rahman, Nur Fuadi. 2024. Masa Depan Pembelajaran Bahasa : Belajar Bahasa Arab Dengan Artificial Intellegence : Teori Dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo.

Wahab, Muhbib Abdul. 2008. Epistemologi Dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. UIN Jakarta Press.

Jurnal

Abdullahi, Aliyu, Nurazan Binti Mohmad Rouyan, and Siti Salwa Mohd Noor. 2018. ‘A Review on the Factors Affecting the Learning of Arabic Macro-Skills Among Malay Undergraduate Students’. Humanities and Social Science Research 1(1):p53–p53.

Alizadeh, Mitra. 2016. ‘The Impact of Motivation on English Language Learning’. International Journal of Research in English Education 1(1):11–15.

Alsrhid, Arif Mohammed Mufleh. 2013. ‘Difficulties Face by Foreign Students in Learning Arabic Language Programs for Non-Native Speakers (Evaluation Study)’. Learning 4(2):160–70.

Araíz-Carrillo, Patricia Paola. 2022. ‘The Impact of the Native Speaker Ideal on Learners’ Motivation in an EFL Context’. Open Journal for Studies in Linguistics 5(2).

Artanti, Atmariani, and Hendri Hermawan Adinugraha. 2020. ‘Strategi Pemasaran Word Of Mouth Pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Pada Produk Home Industri Mie Eblek Desa Kasepuhan)’. AmaNU: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi 3(2).

Artanti, Atmariani, Hendri Hermawan, Adinugraha Strategi, Pemasaran Word, Hendri Hermawan Adinugraha, Fakultas Ekonomi, Bisnis Islam, and Iain Pekalongan. n.d. AmaNU: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi.

Boudelaa, Sami, and William D. Marslen-Wilson. 2013. ‘Morphological Structure in the Arabic Mental Lexicon: Parallels between Standard and Dialectal Arabic’. Language and Cognitive Processes 28(10):1453–73. doi: 10.1080/01690965.2012.719629.

Chacón, Ginneth Pizarro. 2022. ‘Students’ Perception of Interacting with Native Speakers’. LETRAS (72):165–92.

Chinomona, Richard. 2016. ‘Brand Communication, Brand Image and Brand Trust as Antecedents of Brand Loyalty in Gauteng Province of South Africa’. African Journal of Economic and Management Studies 7(1):124–39. doi: 10.1108/AJEMS-03-2013-0031.

Dajani, Basma Ahmad Sedki, Salwa Mubaideen, and Fatima Mohammad Amin Omari. 2014. ‘Difficulties of Learning Arabic for Non-Native Speakers’. Procedia-Social and Behavioral Sciences 114:919–26.

Dweik, Bader, and Mohammad Al-Shallakh. 2015. ‘Teaching Arabic for Non-Natives in Jordanian Public Universities: Difficulties and Solutions’. American Journal of Educational Science 1(3):52–59.

Habibie, Faizal, Moh. Ainin, Muassomah, Alfa Naja Imamuna, and Nur Fuady Rahman. 2022. ‘Diskoneksi Antara Kurikulum Bahasa Arab Dan Implementasi Pembelajarannya Di Madrasah Aliyah Dalam Perspektif ACTFL’. Studi Arab 13(1):49–65. doi: 10.35891/sa.v13i1.3125.

Johnson, Jerry, Richard Whittington, Patrick Regnér, Duncan Angwin, Gerry Johnson, and Kevan Scholes. 2020. Exploring Strategy. Pearson UK.

Maulana, Ade Rizki. 2021. ‘Eksistensi Aksara Arab Pegon Dalam Naskah Mocoan Lontar Yusuf Budaya Suku Osing Banyuwangi’. Pp. 239–51 in International Conference of Students on Arabic Language. Vol. 5.

Murnawaty, Annisa Fadhyla, and Yurfiah Yurfiah. 2024. ‘Penerapan Strategi Belajar PAIKEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Baadia Kota Baubau’. Prosa: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1):550–56.

Oroujlou, Nasser, and Majid Vahedi. 2011. ‘Motivation, Attitude, and Language Learning’. Procedia-Social and Behavioral Sciences 29:994–1000.

Prameswari, Alfiaputry Dinda, and Onny Fitriana Sitorus. 2024. ‘Implementasi Strategi Pemasaran Word Of Mouth Pada UMKM Kuliner Jakarta Timur’. Jurnal Niara 16(3):513–19.

Rahman, Nur Fuadi. 2018. ‘Motivasi Belajar Bahasa Arab (Studi Kasus Mahasiswa PBA IAIN Palangkaraya 2017/2018)’. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 10(1):22–35.

Rahmawati, Alvi Dyah. 2018. ‘Manajemen Pengorganisasian Program Kursus Bahasa Arab Di Pare Kediri’. Arabi: Journal of Arabic Studies 3(1):52–60.

Retnawati, Heri, Syarifatur Rahmatullah, Hasan Djidu, and Ezi Apino. 2020. ‘Has Arabic Language Learning Been Successfully Implemented?.’ International Journal of Instruction 13(4):715–30.

Rini, Yanti Puspa, and Adrian Maulana Chandra. 2024. ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth, Dan Media Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Kota Tangerang Pada Aplikasi Marketplace Blibli (Studi Kasus Pada Blibli)’. Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis 22(1):52–58.

Rohhani, Imam, and Istikomah Istikomah. 2021. ‘Implementasi Perencanaan Pembelajaran Di Kursus Bahasa Arab Al-Iman Surabaya’. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 5(2):266–78.

Rosyid, Muhammad Kholilur, Moch Sulthoni Faizin, Nazahah Ulin Nuha, and Zakiyah Arifa. 2019. ‘Manajemen Perencanaan Pembelajaran Aktif Di Lembaga‎ Kursus Bahasa Arab Al-Azhar Pare Kediri’. Lisania; Journal of Arabic Education and Literature 3(1):1–20.

Shamsuddin, Salahuddin Mohd, and SSBH Ahmad. 2019. ‘Problems of Teaching Arabic Language to Non-Native Speakers and Its Methodological Solutions’. Advances in Social Sciences Research Journal 6(6):151–60.

Sofiane, Laradi. 2019. ‘The Impact of Consumer-Based Brand Equity on Word-of-Mouth Behavior’. International Journal of Business and Social Science 10(4):75–85.

Todor, Raluca-Dania. 2014. ‘The Importance of Branding and Rebranding for Strategic Marketing’. Bulletin of the Transilvania University of Brasov. Economic Sciences. Series V 7(2):59.

Utami, Nila, and Muhammad Djahir Basir. 2018. ‘Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS’. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi 2(1):68–76.

Wahyuni, Nur, and Indah Afrianti. 2021. ‘The Contribution of Speaking Practice with the Native Speaker to Student’s Speaking Ability in Junior High School’. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 2(3):247–52.

Wekke, Ismail Suardi. 2015. ‘Arabic Teaching and Learning: A Model from Indonesian Muslim Minority’. Procedia - Social and Behavioral Sciences 191:286–90. doi: 10.1016/J.SBSPRO.2015.04.236.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v16i1.25873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..