Istiḳdāmu Wasāiṭi al-Kutubi al-Munbaṡiqati fī Taḥsīni Itqāni al-Mufradāti li Ṭullābi Madrasati YPS al-Ibtidāiyyati fī Manggarupi Gowa

Arief Fiddienika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, proses, dan hasil peningkatan penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa Arab dengan media pembelajaran pop-up book. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua sesi. Hasil penelitian ini, setelah melaksanakan mata kuliah pertama, mahasiswa menjadi aktif dalam pembelajaran dan rata-rata nilai mahasiswa yang diperoleh adalah 80,20%. Setelah pelaksanaan mata kuliah kedua, jumlah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan semakin banyak dan semakin rajin. Hal ini berdampak pada hasil evaluasi dengan nilai rata-rata 86,06%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penguasaan kosakata siswa meningkat dengan penerapan media pembelajaran pop-up book.

Keywords


وسائل الإعلام التعليمية، الكتب المنبثقة، التمكن من المفردات.

Full Text:

PDF

References


Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20–31. https://doi.org/10.32832/EDUCATE.V6I2.4891

Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. PT Bumi Aksara.

Azizah, H. N. (2018). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab melalui Penggunaan Media Word Wall. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.17509/ALSUNIYAT.V1I1.24212

Bluemel, N. L., & Taylor, R. H. (2012). Pop-up Books: A Guide for Teachers and Librarians - Nancy Bluemel, Rhonda Lynette Harris Taylor - Google Books. Libraries Unlimited.

Fathoni, F. (2021). Pembelajaran dan Sistem Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah: Inovasi atau Tantangan. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(2), 257–268. https://doi.org/10.36835/MODELING.V8I2.1066

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32–44. https://doi.org/10.31949/JCP.V4I2.1073

Habibah, N. (2016). Lingkungan Artifisal dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(2), 173–196. https://doi.org/10.15408/A.V3I2.4038

Hamidah, N., Haryani, S., & Wardani, D. S. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2212–2223. https://doi.org/10.15294/JIPK.V12I2.7460

Hasanudin, C., Mayasari, N., Saddhono, K., & Novitasari, D. (2020). Penerapan Microsoft Paint dalam Membuat Media 3D Kolaborasi Pop-Up dan Movable Book | Hasanudin | Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 375–382. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1054

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/AXIOM.V7I1.1778

Khairuddin, S. W. (2019). Penggunaan Media Pop Up Book dalam Pembelajaran Mahârah Kalâm. AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 3(1), 19–34. https://doi.org/10.52266/AL-AFIDAH.V3I1.309

Mualimin, M., & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Ganding Pustaka.

Mufidah, A., Sayyidah, I. M., & Muthoharoh, Y. F. (2018). Media Pembelajaran “Pop Up Book” Sebagai Alternatif Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab yang Mudah dan Menyenangkan untuk Siswa Sekolah Dasar. International Conference of Students on Arabic Language, 2(0). http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/231

Mustofa, S. (2011). Strategi pembelajaran bahasa Arab inovatif. In Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II. UIN-Maliki Press. prosiding.arab-um.com

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16. https://doi.org/10.31949/JCP.V4I2.1050

Nurchasanah, E., & Zukhaira, Z. (2020). ABATAMA (Al Abwab At Tahwiliyah Al Maudhi’iyah): Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak TK/RA B di Kota Semarang. Taqdir, 6(2), 117–134. https://doi.org/10.19109/TAQDIR.V6I2.6567

Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819. https://doi.org/10.30863/EKSPOSE.V18I1.371

Rahman, N. H., Mayasari, A., Arifudin, O., & Ningsih, I. W. (2021). Pengaruh Media Flashcard dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106. https://doi.org/10.57171/JT.V2I2.296

Safitri, K. (2020). Pengembangan Kartu Kata (Flash Card) Bahasa Arab Berbasis Kosakata bagi Siswa Kelas IV Madrasah Ibtida’iyah. International Conference of Students on Arabic Language, 4(0), 272–283. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/566

Sholihatin, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Plotagon pada Siswa MANU Petung Panceng Gresik. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(6), 320–326. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/718

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/JKP.V2I2.113

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51276/EDU.V1I1.44

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1–11. https://doi.org/10.30742/TPD.V1I02.857




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v15i1.20065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..