Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab (Respon, Tantangan Dan Solusi Terhadap Perubahan)

Ahmad Fatah

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pembelajaran bahasa Arab dari aspek konseptual dan aktual. Pendekatan kajian ini adalah library research yaitu dengan membahasa literatur-literatur yang membahas inovasi pembelajaran bahasa Arab. Simpulan dari kajian ini adalah Inovasi pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dan mesti dimiliki atau dilakukan oleh guru. Hal ini disebabkan karena pembelajaran akan lebih hidup dan bermakna. Berbagai inovasi tersebut diharapkan dapat memberikan motivasi kepada siswa agar lebih giat dan senang belajar. Seperti yang telah dipaparkan, pada hakekatnya sifat inovasi itu amat relatif, dalam arti inovasi yang kita lakukan sebenarnya barangkali sudah tidak asing bagi orang lain. Tetapi sebagai seorang guru yang setiap hari berinteraksi dengan anak, maka tidaklah salah apabila terus-menerus melakkukan inovasi dalam pembelajaran. Kemauan guru untuk mencoba menemukan, menggali dan mencari berbagai terobosan, pendekatan, metode dan sistem pembelajaran merupakan salah satu penunjang akan munculnya berbagai inovasi-inovasi baru yang segar dan mencerahkan.


Keywords


inovasi, pembelajaran, bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


‘Abd al-Shabûr Syâhîn, “al-Tahaddiyât al-lati Tuwâjihu al-Lughah al-‘Arabiyyah”, dalam al-Tuwaijirî (Ed.), al-Lughah al-‘Arabiyyah… ila aina?, (Rabath: Isesco, 2006).

Abd al-Shabûr Syâhîn, “al-Tahaddiyât al-lati Tuwâjihu al-Lughah al-‘Arabiyyah”, dalam http://www.isesco.org.ma/pub/arabic/Langue_arabe/p9.htm., 25 Juli 2007.

Abdul Wahab Rosyidi, Media Pembelajaran Bahasa Arab. (Malang: IUN-Malang Press)

Acep Hermawan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2011)

Emzir, “Kebijakan Pemerintah tentang Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah dan Sekolah Umum,” dalam Dudung Rahmat Hidayat dan Yayan Nurbayan (Ed.), Seminar Internasional Bahasa Arab dan Sastra Islam: Kurikulum dan Perkembangannya, (Bandung: UIN Bandung, 2007)

Farîd al-Anshârî, “Ishlâh al-Ta’lîm wa Azmah al-Lughah al-‘Arabiyyah fi al-‘Âlam al-Islâmî,” diakses dari Http//:www.albayan-magazine.com/Dialogues/12.htm, 20 Agustus 2007.

Harahap, Syahrin, Perguruan Tinggi Islam di Era Globalisasi, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 1998)

Jamsuri Muhammad Syamsuddin dan Mahdi Mas’ud, “Shu’ûbat Ta’allum al-Lughah al- arabiyyah lada Thullâb al-‘Ulûm al-Insâniyyah (‘Ilm al-Siyâsah) fi al-Jâmi’ah al-Islâmiyyah al-‘Âlamiyyah bi Malaysia”, dalam Dudung Rahmat Hidayat dan Yayan Nurbayan (Ed.), Seminar Internasional: Bahasa Arab dan Sastra Islam Kurikulum dan Perkembangannya, Bandung, 23-25 Agustus 2007

Manshûr ibn Shâlih al-Yûsuf, “al-Lughah al-‘Arabiyyah wa Tahaddiyat al-‘Ashr”, diakses dari http://www.suhuf.net.sa/2000jaz/dec/10/ar8.htm, 23 Oktober 2007.

Mohammad Ahsanuddin, Pemanfaatan Media Dalam Menunjang Kemahiran Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas Madrasah Ibtidaiyah (04 April 2011). http://re-searchengines.com.

Muhbib Abdul Wahab, “Quo Vadis Pendidikan Bahasa Arab di Era Globalisasi”, Makalah disampaikan dalam Seminar Sehari BEMJ PBA FITK UIN Jakarta, 29 Mei 2006.

Naissbitt, John, and Aburdance, Patricia, Megatrends 2000: sepuluh Arah Baru untuk Tahun 1990-an, terj. FX Budianto, (Jakarta: Binarupa Aksara, 1990)

Nazîr Muhammad Maktabî, al-Fushha fi Muwâjahat al-Tahaddiyât, (Beirut: Dâr al-Basyâ’ir al-Islâmiyyah, 1991).

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995)

Robiatul Fazriah, Contoh Proposal MET-LIT, (29 Maret 2011), http://robiatulfazriah.blogspot.com/2011/03/contoh-proposal-met-lit.html

Tim konsorsium 3 PTAI, Strategi Pembelajaran (Surabaya IAIN Sunan Ampel)




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v8i1.1942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..