Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Pada Masa Pandemi Di MTs Negeri 2 Pemalang

Ani Kinana Nur Fadlillah

Abstract


Dikarenakan pandemi covid-19 yang mengharuskan warga negara Indonesia untuk tetap dirumah saja sedangkan proses pembelajaran harus tetap berlangsung, maka supaya dapat tetap melaksanakan proses pembelajaran, proses pembelajaran pun dilaksanakan secara daring. Proses pembelajaran secara daring tersebut dapat dilaksanakan dengan berbagai metode dan media. Di MTs Negeri 2 pemalang memilih media pembelajaran dengan aplikasi whatsapp untuk mempermudah pelaksanaan proses kegiatan belajar mengajar Bahasa Arab yang dilakukan secara daring karena dirasa paling efektif. Dalam hal ini tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui serta memberikan gambaran proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan whatsApp sebagai media pembelajaran di MTs Negeri 2 Pemalang Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. penelitian ini memperoleh hasil yaitu Menggunakan aplikasi WhatsApp untuk belajar bahasa Arab dapat membantu dalam proses belajar yang dilaksanakan secara daring. Dengan guru menyampaikan materi bahasa Arab melalui grup-grup yang sudah dibuat sebelumnya, dan siswa dapat menerima dan mempelajari materi yang disampaikan, siswa juga dapat menanyakan materi yang belum dipahami serta melakukan diskusi mengenai materi yang sedang dipelajari. Akan tetapi dengan adanya hal ini memiliki konsekuensi, baik positif maupun negatif

Keywords


WhatsApp, Media Pembelajaran, Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Abdul Ghoffar. (2004). Tafsir Ibnu Kaatsir (hlm. 229). Pustaka Imam As-Syafii.

Abdul Wahab Rosyidi. (2009). Media Pembelajaran Bahasa Arab. UIN MALANG PRESS. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1159365

Afful Jr, B., & Akrong, R. (2019). WhatsApp and academic performance among undergraduate students in Ghana: Evidence from the University of Cape Coast. Journal of Education for Business, 95, 1–9. https://doi.org/10.1080/08832323.2019.1644276

Dar, Q. A., Ahmad, F., Ramzan, M., Khan, S. H., Ramzan, K., Ahmed, W., & Kamal, Z. (2017). Use of Social Media Tool “Whatsapp” in Medical Education. Annals of King Edward Medical University, 23(1), Article 1. https://doi.org/10.21649/akemu.v23i1.1497

Dr. Khaled Abdel Jaleel Dweikat. (2019). EFL STUDENTS’ PERCEPTIONS OF WHATSAPP AND ITS POTENTIAL BENEFITS IN ELT PRACTICUM. https://doi.org/10.5281/ZENODO.2582899

Guru Bahasa Arab MTs N 2 Pemalang. (2022). Wawancara metode pembelajaran bahasa arab [Komunikasi pribadi].

Hamid, M. A. (2008). Pembelajaran bahasa Arab: Pendekatan, metode, strategi, materi, dan media. UIN-Maliki Press. http://repository.uin-malang.ac.id/1603/

Hamidah, H., Marsiah, M., & Jennah, R. (2021). Utilization of Whatsapp Group as a Communication Medium for Arabic Writing and Text Message Analysis. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.23971/altarib.v9i2.3405

Juwairiyah Dahlan. (1992). Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab. AL Ikhlas.

Mahmudah, S. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. An Nabighoh, 20(01), Article 01. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131

Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.18326/lisania.v1i1.1-16

Rosyidi, A. W., & Ni’mah, M. (2011). Memahami konsep dasar pembelajaran Bahasa Arab. UIN-Maliki Press. http://repository.uin-malang.ac.id/1236/

Sa`diyah, H., & Alfian, I. (2021). Whatsapp Small Groups sebagai Media Pembelajaran Maharah Al-Kalam di Masa DARING. Arabia, 13(1), 1. https://doi.org/10.21043/arabia.v13i1.10217

Umi Hanifah. (2011). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Putra Media Nusantara.

UU No. 20 Tahun 2003. (t.t.). Database Peraturan | JDIH BPK. Diambil 17 Juli 2023, dari http://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Wilhelmus Hary Susilo. (2010). Penelitian Kualitatif. Garuda Mas Sejahtera.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v15i1.16842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..