Penguatan Peran Ma’had Al-Jami’ah Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab Mahasiswa Bidikmisi IAIN Kudus

Kuntarno Noor Aflah

Abstract


This study aims to find out the model of strengthening the role of Ma'ad Al-Jami'ah in developing Arabic language abilities of students receiving Bidikmisi IAIN Kudus scholarships, such as learning models, curriculum, learning media and learning outcomes. This research method uses descriptive qualitative with the aim of being able to describe social phenomena of research objects openly and naturally. The results of this study indicate that learning Arabic in Ma'had Al-Jamiah is only at the stage of applying the emphasis model to complement the needs, and not yet reached the deepening level. Structural efforts have been made by arranging various types of programs. The leadership policy has been oriented towards improving the quality of the Bidikmisi students. It's just that supporting facilities, such as language laboratories, need to be equipped. The consistency of daily language practices for Bidikmisi students and the assessment mechanisms that have not been standardized in the SOP also do not yet exist. Specialization in specific Arabic programs has also not been conducted. The ability to speak Arabic at Bidikmisi students has not yet gotten achievements at the campus or outside the campus of the IAIN Kudus.


Keywords


Strengthening of Arabic Language, Bidikmisi, Ma’had Al-Jamiah, IAIN Kudus

Full Text:

PDF

References


Abd. Rahman Shaleh, Sistem Pengajaran Bahasa Arab di Lembaga Pendiikan Formal, dalam Mimbar Ulama (Jakarta: No. 127 Tahun XII Edisi Maret 1988)

Abubakar Muhammad, Methode Khusus Pengajaran Bahasa Arab (Surabaya: Usaha Nasional, 1981)

Ahmad Syamsu Rizal, “Transformasi Corak Edukasi dalam Sistem Pendidikan Pesantren, dari Pola Tradisi ke Pola Modern” dalam Ta’lim; Jurnal Pendidikan Islam, Vol.9 No.2, 2011

Anselm Strauss dan Juliet Corbin, Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif; Tata Langkah dan Teknik-Teknik Teoritisasi Data (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007)

Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003)

Azyumardi Azra, Pendidikan Islam, Logos Wacana, Jakarta, 1999

¬¬¬¬______________ “Pembaharuan Pendidikan Islam: Sebuah Pengantar,” dalam Marwan Saridjo, Bunga Rampai Pendidikan Agama Islam (Jakarta: Kemenag RI, 1997).

Chatibul Umam, Aspek-aspek Fundamental dalam Mempelajari Bahasa Arab (Bandung: PT Al-Ma'arif, 1980)

Fatkhi Ali Yunus, Tasmim Manhaj li Ta’lim al-Lughah al-Arabiyah li al-Ajanib (Bahsun Tajribiyun), Kairo: Dar al-Tsaqafah, 1978,

Harbertus Sutopo, Pengantar Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar Teoretis dan Praktis, (Surakarta: Pusat Penelitian UNS, 1988). hlm. 20

Hasani Ahmad Said, “Meneguhkan Kembali Tradisi Pesantren di Nusantara” dalam Ibda’ Jurnal Kebudayaan Islam vol.9 no.2 Juli-Desember 2011

HM. Arifin, Kapita Selekta Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)

Imam Suprayogo, Metodologi Penelitian Agama (Bandung, Rosdakarya, 2003)

Ilham Mansur, Manajemen Pesantren Mahasiswa: Studi Ma’had UIN Malang (Kediri: STAIN Kediri Press, 2009).

Imron Arifin, Kepemipinan Kyai : Kasus Pesantren Pondok Pesantren Tebu Ireng (Malang: Kalimasada Press, 2007)

Jurnal Perta Vol.7 No. 2 2004,

Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu (Jakarta: Sinar Harapan, 1983), hlm. 171.

Mahmud Junus, Metodik Khusus Bahasa Arab (Bahasa Al-Qur’an) (Jakata : PT Hidakarya Agung, 1979

Miftahul Huda, Pesantren Perguruan Tinggi Berbasis Kultural: Studi Kasus ISID Gontor dan Ma’had UIN Malang (Malang: LEMLIT UIN Malang, 2006).

M. Hafidz, “Bahasa Arab di PTAIN: Antara Idealitas dan Realitas” dalam Jurnal At-Tarbiyah, No. 2, Tahun XVI, Juli-Desember STAIN Salatiga, 2005.

Miftahul Khoiriah, “Gaya Kepemimpinan dalam Mengembangkan Sumber Daya Manusia di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Raden Intan Lampung”, Skripsi, IAIN Raden Intan Lampung, 2016,

M. Ihsan, “Perilaku Berbahasa di Pondok Pesantren Adlaniyah Kabupaten Pasaman Barat” dalam Wacana Etnik vol.1 no.2 April 2011

Muhbib Abdul Wahab, Revitalisasi Penciptaan Bi’ah Lughawiyyah dalam Pengembangan Keterampilan Bahasa Arab, Artikel Ilmiah, format PDF diunduh dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/ handle/123456789/28300, 10 Sept 2015, hlm. 9-10.

M. Ali, “Strategi Manajemen Mutu Pelajaran Bahasa Arab Melalui Program Matrikulasi di Madrasah Aliyah Darut Taqwa Sengonagung Pasuruan” Dalam Jurnal Review Pendidikan Islam, vol.1 no.1, 2014,

Moh. Ainin, “Penelitian Pengembangan dalam Pembelajaran Bahasa Arab” dalam Okara, vol.2 no.8, November 2013,

Team Penyusun Textbook Bahasa Arab Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Pelajaran Bahasa Arab untuk Perguruan Tinggi Agam Islam/IAIN Tingkat Menengah, Jakarta: Proyek Pengembangan Sistem Pendidikan Agama Islam Kemenag RI, 1977

Ridwan Lubis, Cetak Biru Peran Agama (Jakarta: Puslitbang Kehidupan Agama, 2005)

Ridlwan Nashir, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal (Yogyakarta: Pusataka Pelajar, 1993)

Permenag RI No. 44 Th. 2015 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Agama Nomor 35 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja IAIN Bengkulu, Pasal 48A.

Permenag RI No. 6 Th. 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja IAIN Jember, Pasal 66 & 71.

Permenag RI No. 12 Th. 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Pasal 94.

Suwendi, “Penguatan Moderasi Islam di PTKI”, 15 Oktober 2018, https://kemenag.go.id/berita/read/ 509062/penguatan-moderasi-islam-di-ptki

UU RI No. 20 Th. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bagian Kesembilan, Pasal 30, Ayat 4.

PP RI No. 55 Th. 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan, Bagian Kesatu: Pendidikan Keagamaan Islam, Pasal 14 Paragraf Tiga, diperjelas dalam Pasal 26.

Permenag RI No. 13 Th. 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam, Bab II, Pasal 4-19.

Sri Utari Subyakto Nababab, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993)

Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag RI No. Dj.I/Dt.I.IV/PP.00.9/ 2374/2014 tanggal 30 September 2014 perihal Instruksi Penyelenggaraan Pesantren Kampus (Ma’had Al-Jami’ah).

Suyitno, Teknik Pengajaran Apresiasi Sastra dan Kemampuan Bahasa (Yogyakarta: Hanindita, 1986)

Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag RI No. Dj.I/Dt.I.IV/PP.00.9/ 2374/2014 tanggal 30 September 2014 perihal Instruksi Penyelenggaraan Pesantren Kampus (Ma’had Al-Jami’ah).

Sri Utari Subyakto Nababan, Metodologi Pengajaran Bahasa (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1993).

Yunus Abu Bakar, “Pembentukan Karakter Lulusan Melalui Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Modern Gontor dan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri” dalam JOIES vol.1 no.1 Juni 2006

Wawancara :

Supa’at, Pembina Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kudus

Ma’mun Mu’min, Direktur Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kudus

H. Abd. Wahib Syakour, Pengurus Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kudus Divisi Pengembangan Bahasa Arab

H. Saiful Mujab, Pengurus Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kudus Divisi Qiroatul Qur’an

M. Salahuddin Al-Ayyuubi, staf administrasi Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kudus

Mahasiswa santri Bidikmisi angkatan 2015 sd 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v14i2.16333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..