أوزان المضارع فى اللغة العامية المصرية: دراسة وصفية تحليلية

Zaimatus Sa'diyah

Abstract


Abstrak
Bahasa Ammiyyah merupakan ragam bahasa komunikasi antar penduduk Negara-negara Arab dalam kehidupan merka seharihari. Ada berbagai macam bahasa Ammiyyah yang digunakan oleh penduduk negara-negara Arab yang  berbeda antara satu dengan lainya. Perbedaan ini berdasarkan perbedaan Negara, dimana bahasa Ammiyyah satu Negara bisa jadi tidak difahami oleh penduduk Negara lain, meskipun mereka sama-sama menjadikan Bahasa Arab baku sebagai bahasa rsmi Negara. Namun dari sekian Bahasa Ammiyyah yang ada, bahasa Ammiyyah Mesir merupakn bahasa Ammiyyah yang paling banyak digunakan dan difahami oleh penduduk Negara-negara Arab. Hal ini tidak lepas dari peran penting Mesir baik dalam kebijakan politik maupun budaya di Liga Arab. Satu hal yang menarik adalah bahwa bahasa Ammiyyah  Mesir memiliki perbedaan dengan bahasa Arab baku atau yang dikenal dengan bahasa Arab fusha. Perbedaan yang paling mendasar adalah pada pelafalan sebagian huruf yang sama sekali berbeda dengan bahasa Arab fusha. Seperti pelafalan huruf ق yang dilafalkan seperti huruf ء. Perbedaan lain yang juga cukup signifikan adalah pada tataran gramatikal, salah satunya terdapat pada wazan fi’il mudlari’ yang dibahas dalam tulisan ini. Perbedaan yang sangat mencolok antara wazan fi’il mudlari’ dalam bahasa Ammiyyah dan bahasa Fusha adalah harakat dari harf al-mudlara’ah, dimana semua harf almudlara’ah dalam bahasa Ammiyyah berharakat kasrah.
Kata Kunci: Bahasa Ammiyyah, Bahasa Fusha, Wazan Fi’il Mudlari’, Harf al-Mudlara’ah.

Keywords


Kata Kunci: Bahasa Ammiyyah, Bahasa Fusha, Wazan Fi’il Mudlari’, Harf al-Mudlara’ah.

Full Text:

PDF

References


المراجع

إبراهيم أنيس، فى اللهجات العربية (القاهرة: مكتبة الأنجلو المصرية، 2991 ستتكيفتس، العربية الفصحى الحديثة، ترجمه محمد حسن عبد العزيز (القاهرة، 5891) شدى أحمد طعيمة و محمود كامل الناقة، تعليم اللغة اتصاليا: بين المناهج و الاستراتيجيات (المملكة المغربية: إيسيسكو، 6002)

I Dewa Putu Wijana dan Muhammad Rohmadi, Sosiolinguistik: Kajian Teori dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006 Russel H. McGuirk, Colloquial Arabic of Egypt (London Boston and Henley: Routledge & Kegan Paul, 1986 Soenjono Dardjowidjojo, Bahasa Nasional Kita: dari Sumpah Pemuda ke pesta Emas Kemerdekaan 1928-1995. Bandung: Penerbit ITB, 1996




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v5i1.1411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..