Desain Model Lingkungan Bahasa Arab Virtual di MAN 1 Pasuruan
Abstract
Lingkungan berbahasa sangat diperlukan dalam pembelajaran bahasa Arab. Namun MAN 1 Pasuruan tidak memiliki lingkungan bahasa Arab, dan kondisi siswa yang tidak memiliki banyak pengetahuan bahasa Arab. Sedangkann proses pembelajaran Bahasa Arab dilakukan secara daring. Sehingga siswa tidak bisa bertatap muka dengan guru dan temannya. Berdasarkan hal tersebut Maka peneliti akan mengembangkan desain model lingkungan bahasa virtual dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Pasuruan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain model lingkungan berbahasa virtual dalam pembelajaran Bahasa Arab di MAN 1 Pasuruan dan implementasi desain model lingkungan berbahasa virtual dalam pembelajaran Bahasa Arab di MAN 1 Pasuruan
Adapun Metode digunakan adalah Metode Pengembangn RnD menurut sugiono, data penelitian diperoleh dari observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu; Desain model lingkungan bahasa arab virtual dilakukan dengan asas aktivitas bahasa Arab yang dilakukan secara individu dan kelompok. Hasil karya siswa akan dinilai oleh guru dan teman sebaya., Implementasi Model Lingkungan Bahasa dilakukan dengan tiga tahap; tahap pertama adalah persiapan yang meliputi pengkondisian, pemahaman dan pengayaan. Tahap kedua adalah pelaksanaan yaitu pelaksanaan aktivitas bahasa individual maupun kelompok, pembuatan video dan mengunggah video ke social media. Tahap ketiga adalah evaluasi yaitu penialain lisan dari teman dan guru menggunakan bahasa ArabFull Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v13i2.11527
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..