Faktor-faktor Kesulitan Menulis Imla Mahasiswa PBA IAIN Kudus di Masa Pandemik

Fuad Munajat Suwardi

Abstract


Artikel ini menyoroti penyebab kesulitan mahasiswa dalam menulis imla yang menjadi masalah klasik dalam pembelajaran kitabah. Kesulitan tersebut pada gilirannya menjadi lebih besar ketika pandemic covid 19 melanda. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menelusuri 1) Kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam belajar Imla, 2) Tema-tema Imla yang dipersepsikan sulit oleh mahasiswa, dan 3) Persepsi mahasiswa terkait pembelajaran Imla secara online. Dengan menggunakan metode survey pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kitabah didapati bahwa 1) kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam pembelajaran Imla berupa model kuliah daring dan materi kaidah imla yang cukup rumit baik teori maupun praktik, 2) tema yang dipersepsi sulit menurut mahasiswa antara lain huruf-huruf yang ditambahkan pada kata tetapi tidak diucapkan, pungtuasi, dan washal fashal, 3) mayoritas mahasiswa menyatakan kurang senang dengan pembelajaran online dengan 63,1 %.

Keywords


Faktor Kesulitan Belajar, Imla, Era Pandemi

Full Text:

PDF

References


Agus Rohmadi, “Problematika Imla dalam Pengajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII MTsN Wonokromo”, Skripsi, 2008

Ahmad Fuad Effendy, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, Cet. 4, 2009

Aziz Fakhrurrozi dan Erta Mahyudin, Pembelajaran Bahasa Arab, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, 2012

Fahmi An-Najjar, Qawa’id al-Imla fi ‘Asyrati Durusin Sahlah, Ar-Riyadl: Fahrasat Maktabah al-Malik Fahd al-Wathaniyyah, 2008

Hasan Syahhatah, Ta’lim al-Lugah al-‘Arabiyyah Bayna an-Nadzariyyah wa at-Tathbiq, Al-Qahirah: ad-Dar al-Mishriyyah al-Lubnaniyyah, ath-Thab’ah ats-Tsalitsah, 1996

Jumriani, “Problematika Pembelajaran Maharah al-Kitabah Siswa Kelas XI IPB SMAN 4 Bantaeng,” http://eprints.unm.ac.id/15146/

Lalu Akmal Hijrat, “Problematika Pembelajaran Khat Wa Qowa’idul Imla’ Mahasiswa UIN Mataram.”Islamiyah, Jurnal Pendidikan dan Wawasan Studi Islam, Volume 2 , 2020

Mahmud Ahmad As-Sayyid, Fi Tharaiq Tadris al-Lugah al-‘Arabiyyah, Mansyurat Jami’ah Dimasyq, ath-Thab’ah ats-Tsaniyyah, 1997

Neli Putri, “Problematika Menulis Bahasa Arab”. Artikel yang terdapat pada jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, Nomor 2, Juli 2012

Selfiana Tafrihah, “Problematika Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Arab pada Kelas V di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat Tahun Pelajaran 2013/2014,” Skripsi, 2014

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, Cet. Ke-17, 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v13i1.10173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..